Bahaya Makan Keong



Keong, Siapa tidak tau keong, keong biasa hidup di air dan di tempat lembab seperti sawah,rawa dan kali,
Keong bagi sebagian orang di basmi karena menjadi hama di sawah namun bagi sebagian orang keong di cari dan dijadikan makanan lezat dan gurih .

Namun tahukah anda jika keong mengandung gizi yang baik serta menyehatkan jika di olah dengan cara yang benar, 100gram Keong sawah mengandung protein 12% ,Kalsium 217mg,Air 81mg,dan rendah akan kolesterol, dan sisanya mengandung folat dan niacin,energi,protein ,karbohidrat,phosfor yang di dominasi vitamin A dan Vitamin E.

Meskipun Bermanfaat ternyata Siput/Keong juga berbahaya karena keong sawah biasa hidup di lumpur dan suka tinggal di daerah yang banyak mengandung bakteri , mengonsumsi keong sawah juga dapat menyebabkan penyebaran penyakit pada manusia, terutama disebabkan oleh cacing. dan inilah bahaya makan keong.

 1. Cacingan


 Mengonsumsi keong sawah yabng diolah dengan cara yang salah dapat memicu penyakit berbahaya seperti cacingan, Keong menjadi salah satu perantara penyebaran cacing Trenatoda ,cacing tersebut dapat berkembang pada tubuh manusia yang berbentuk seperti daun dan berkembang dalam usus manusia, terjadinya cacingan atau penyaklit berbahaya lainya terjadi akibat sebagian orang mengonsumsi keong sawah dalam keadaan mentah bahakan keong sawah tidak dianjurkan dimasak setengah matang sama halnya dengan bekicot.


2.  Infeksi Kronis


Schistosomiasis adalah infeksi yang disebabkan oleh cacing Schistosoma ,Schistososmiasis urogenital dapat menyebabkan rusaknya sistem kemih,ureter kerusakan ginjal sampai gagal ginjal. Cacing Schistosoma tersebut masuk melaluli pori-pori kulit manusia,sedangkan schistosomiasis menyerang usus dan menyerang sistem pencernaan yang dapat mengakibatkan Diare,sakit perut,dan tinja berdarah. jika sampai infeksi usus terus terjadi dapat menyebabkan hati membesar dan akumulasi cairan dalam ronggga peritoneal bisa terjadi.
menyebarnya cacing tersebut juga bisa melalui air yang sudah tercemar cacing yeng berkembang biak pada kerbau dan manusia.

3. Meningitis


Meningitis yang di derita oleh seseorang juga bisa disebabkan oleh cacing Angiostrongylus Cantonensis.cacing jenis ini bisa masuk dan menyebar dalam tubuh manusia jika tidak dimasak dengan benar,dan cacing ini juga bisa menyebar melalui kontak tangan,hidung,mata dan mulut manusia.

0 comments