Friday, November 3, 2017

Ini 9 Penyebab lidah tersa pahit

Pada umumnya lidah yang terasa pahit selalu ada hubungannya dengan kondisi tubuh seseorang yang daya tahan tubuhnya sedang lemah. Pada umumnya, lidah yang terasa pahit itu disebabkan oleh penyakit-penyakit tertentu, seperti flu dan batuk, demam dengan panas tinggi, demam berdarah, dan juga tifus. Namun, apa kira-kira penyebab lidah terasa pahit padahal tidak sakit?

1. Efek Obat Tertentu

Tak perlu harus sakit ketika mengalami pahit pada mulut karena rasa pahit tersebut bisa juga bukan karena sakit, tapi justru karena minum obat tertentu. Jadi rasa pahit yang ada di mulut bukan efek dari penyakit, melainkan dari konsumsi obat medis. Obat medis atau kimiawi mampu menyebabkan lidah dan mulut menjadi tak nyaman karena pahit.
2. Jarang Menyikat Gigi

Lidah dan mulut yang pahit bisa jadi disebabkan oleh jarangnya melakukan kegiatan menyikat gigi. Lidah yang pahit, kemudian juga bau mulut merupakan 2 hal yang bisa terjadi dikarenakan saking malasnya menyikat gigi. Karena kebersihan mulut tak terjaga, maka tentunya sangat mungkin bagi lidah pun merasakan pahit. Menyikat gigi teratur bukan hanya kewajiban anak-anak saja untuk menjaga pertumbuhan gigi mereka, orang dewasa pun perlu menyikat gigi teratur dan juga dengan menggunakan pasta gigi yang tepat.


3. Kurangnya Air Liur

Faktor kurangnya air liur di dalam mulut bisa menjadikan lidah terasa begitu pahit. Tak hanya sekadar pahit dan tak nyaman, mulut dan lidah akan kehilangan keoptimalan dari fungsinya. Ketika air liur mengalami kekurangan, ini juga akan otomatis menjadikan fungsi pengecapan makanan pun menjadi terganggu. Hal ini berkaitan erat juga dengan pahitnya mulut serta lidah serta bau mulut.
4. Lidah Kotor

Mungkin Anda sudah menyikat gigi secara teratur, mungkin juga tidak mengonsumsi obat atau suplemen apapun, dan produksi air liur tampak normal. Hanya saja, bisa jadi lidah terasa pahit dikarenakan Anda sering lupa dalam membersihkan bagian lidah. Banyak orang hanya berfokus pada gigi saja yang dibersihkan.

Lidah sendiri adalah elemen utama yang manusia pakai supaya bisa mengecap makanan dan minuman. Sisa-sisa makanan dan minuman yang kemudian menjadi kotoran pada lidah dapat mengalami penumpukan sehingga membuat permukaan lapisan lidah memiliki warna putih. Inilah yang kemudian menjadi faktor dari lidah yang terasa pahit serta tak enak.



5. Kondisi Mulut Kotor

Selain lidah yang kotor, kemungkinan mulut kotor juga bisa terjadi walau sudah terbiasa menyikat gigi. Kebersihan area mulut terkadang tak begitu diperhatikan karena kebanyakan orang berfokus hanya tentang bagaimana membersihkan bagian gigi dan gusi saja. Ingat bahwa menyikat gigi teratur pun masih membuka peluang bagi kuman untuk menginvasi mulut Anda.

Maka dari itu, penting juga untuk selalu berkumur memakai obat kumur setelah menyikat gigi. Hal ini tak hanya menjadi kebiasaan yang membuat nafas mulut menjadi segar, tapi dijamin mulut lebih bersih dan risiko lidah terasa pahit juga berkurang. Waspadai juga akan mulut yang kotor dan kering karena justru bisa mengakibatkan masalah/penyakit mulut.
6. Kopi

Ketika lidah terasa pahit, coba ingat-ingat lagi apakah Anda mengonsumsi kopi. Munculnya rasa pahit di lidah bisa jadi disebabkan oleh kopi sehingga oleh karena itulah sangat dianjurkan bagi para penggemar dan pengonsumsi kopi untuk minum air putih sesudahnya. Tak hanya sesudah minum kopi, alangkah baiknya kalau Anda minum air putih juga sebelum makan supaya lidah tak makin pahit.


7. Merokok

Kebiasaan satu ini memang sama sekali merugikan, salah satunya justru menjadi penyebab timbulnya rasa pahit pada lidah. Yang menjadikan lidah pahit jelas adalah kandungan-kandungan kimia berbahaya di dalamnya, seperti nikotin dan juga tar serta masih banyak zat beracun lainnya. Ingat bahaya merokok bagi kesehatan dan jenis penyakit akibat merokok.

8. Asupan Vitamin C yang Berlebihan

Vitamin C memang diperlukan oleh tubuh, namun ketika berlebihan juga ini bisa saja menjadikan lidah pahit dan mulut terasa tak nyaman. Per harinya, dosis vitamin C yang benar dan ideal adalah 1000 mg dan untuk itulah perlu untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi setelah ini.

9 Kurangnya Asupan Vitamin B12 dan Zinc

Kekurangan vitamin B12 berikut juga kekurangan mineral zinc adalah 2 hal yang bisa menjadikan lidah terpengaruh. Kedua nutrisi tersebut berfungsi untuk menjaga kesehatan mulut, jadi bila kekurangan asupannya, otomatis salah satu efek yang terjadi adalah mulut yang terasa pahit. Jadi, perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 dan zinc tinggi.

No comments:

Post a Comment