Kelebihan Dan Kekurangan Speaker Yang Di Parallel


Selamat datang kembali di blog sederhana saya, kali ini saya akan berbagi informasi tentang speaker yang di sambung Parallel, bagi yang sudah berpengalaman mungkin sudah tidak perlu lagi membaca artikel saya ini, namun bagi yang belum paham tentang rangkaian parallel akan say bahas disini .

Baca juga Rangkaian Seri dan parallel terlengkap

Bagi pecinta sound system pasti banyak yang menggunakan speaker yang diseri tanpa mengerti kerja maksimum power ampli ,pada speaker yang dirangkai parallel memang memiliki suara dan tendangan yang lebih mantap, karena speaker yang di parallel akan menghasilkan tenaga dua kali lipat dari suara dan watt power.


Namun setiap rangkaian parallel ada kelebihan dan kekuranganya ,apa saja kah itu mari simak bersama.

Kelebihan speaker yang diparallel

1. Jika pada setiap speaker memiliki impendasi 8 OHM x 2 kalau di parallel maka impendasi yang dihasilkan adalah 4OHM, dan kalau power anda mempunyai daya 500watt jika diparallel maka akan menghasilkan daya power 2x lipat alias 1000watt. dan suara yang dihasilkan akan lebih mantap.
2. Speaker akan bekerja lebih maksimal, rata-rata orang lebih suka mneggunakan Parallel 4 OHM selain mantap juga tidak terlalu membebani power.
3. Suara yang dihasilkan juga akan jauh jika sebelumnya 8 OHM bisa menjangkau 200meter jika menggunakan 4 OHM bisa menjangkau 400Meter.


Kekurangan Speaker yang di parallel

1. Power akan bekerja lebih berat karena beban dari speaker yang di parallel.
2. Power akan cepat panas apalagi bila pendingi dan kipas kurang bekerja akan membuat power ampli jebol alias kebakar.
3. Speaker bisa putus / mati bisa karena power konsleting, tenaga berlebihan, bisa juga karena speaker satunya lepas jadi speaker harus dipaksa bekerja sendirian.
4. Power tidak akan bertahan dalam jaka panjang.



NOTE: speaker Parallel 4 OHM masih direkomendasikan karena masih cukup memnuhi standar keamanan, untuk impendasi 2 OHM akan banyak bermasalah apalagi jika bukan power yang bagus.
Dan pastikan Power ampli anda lebih besar dayanya dibanding speaker .
Contoh jika speaker anda berdaya 500watt maka ideal power yang cocok adalah 1000watt.
dan jika speaker 1000watt idealnya power harus 1500-2000watt.

Karena Power ampli yang lebih rendah watt nya dari speaker bisa merusak speaker anda ,karena speaker akan bekerja tidak teratur dan mengakibatkan speaker gosong/terbakar, bisa juga karena power ampli yang dipaksakan sehingga mengeluarkan out dc dari ampli ke speaker.  dan lebih parahnya lagi kalau power ampli terlalu dipaksakan maka akan terjadi short/konslet pada komponen tertentu yang akan mengakibatkan speaker terbakar karena out dc besar Masuk ke speaker.

KOMENTAR DISINI

ARTIKEL TERBARU:

Cara Merekam Audio mp3 dengan Adobe Audition Lengkap

Buat anda yang belum pernah menggunakan sofware perekam audio jenis Adobe Audition ini bisa simak cara-cara nya , untuk tips pertama saya akan membagikan cara merekam menggunakan adobe audition dengan benar dan cepat.

Cara nya memang mudah bagi yang sudah lama menggunakan,namun bagi sebagian orang masih belum mengerti cara menggunakanya, Ok cara yang pertama yang harus dimulai adalah menginstal Sofware Adobe Auditiom beserta serial Numbernya di postingan sebelumnya disini.  dan sebelum menginstal pastikan Matikan Anti Virus terlebih dahulu.

Mari simak cara-caranya.

1. Buka Sofware adobe Audition kemudian Klik bagian Record
     Klik gambar untuk memperbesar



2. Nanti akan muncul pilhan

Pada pilihan tersebut ada 

1.Memilih Simple rate baiknya pilih 4800
2.Pilih stereo atau mono
3.pilih 32bit atau tergantung laptop
4.pilih ok











3. saat merekam pastikan signal audio tidak melebihi -3 baiknya max -9


4.setelah selesai merekam klik stop contoh gambar dibawah ini



5. klik File kemudian pilih Save As pilih Format audionya WAV.




Penjelasanya adalah ketika merubah file rekaman ke WAV loadinya akan lebih cepat ketimbang langsung save di mp3 ,dipercepat supaya tidak ketinggalan saat akan merekam lagu berikutnya, saat file WAV tersimpan nanti tinggal edit dan dirubah sesuai selera.

Pada tahap berikutnya adalah menambah volume rekaman dan lanjut ke bagian penambahan bass,treble, memotong maupun yang lainya

Caranya akan saya share pada artikel selanjutnya jadi tetap terus kunjungi situs www.bantoel.com




KOMENTAR DISINI

ARTIKEL TERBARU:

Sofware Untuk merekam audio dari mixer suara jernih



Bagi anda yang suka mengoleksi kumpulan musik dari sound system anda pasti menginginkan hasil rekaman yang bagus serta mudah dalam mengoprasikanya.

Aplikasi dengan segudang fitur cocok buat anda yang ingin mendapatkan hasil maksimal layaknya sound system profesional.

Untuk itu anda perlu menggunakan sofware perekam audio dari mixer yang banyak di gunakan sound system ternama itulah adobe audition, sofware yang sudah dilengkapi banyak fitur-fitur canggih antara lain.

1.Merekam Mp3 caranya KLIK disini
2.Merubah Video ke MP3
3.Merubah atau Mengurangi Kualitas suara
4.Memotong dan menyambung Lagu
5.Menghilangkan Noise yang mengganggu
6.Merubah Format menjadi MP3,WAV,RAW,DLL
7.Menambah Treble,Bass,Middle dan lainya
8.Dan masih banyak yang lainya


Namun untuk mendapatkan hasil yang bagus perlu memahami benar sofware ini, agar suara tidak pecah , nanti akan saya share cara-cara dan tips seputar sofware ini.

Safware bisa anda download DISINI , Saya bagikan gratis, untuk Serial Numbernya bisa WA /Sms Ke nomer 081540963232 GRATIS.

KOMENTAR DISINI

ARTIKEL TERBARU: