Penyebab dan Cara atasi Dengung Nois Pada Power Rakitan


Dengung atau nois pada amplifier rakitan memang menjadi hal yang lumrah ,namun taukah anda penyebab serta menghilangkan dengung/nois pada amplifier?

Dengung ada 2 tipe yaitu dengung yang diakibatkan kabel asal-asalan ,ciri-cirnya adalah ketika body ampli di pegang dengungya akan sedikit hilang.
dan dengung yang ke 2 adalah dengung yang diakibatkan dari komponen/power suply yang tidak beres atau jelek, ciri-cirnya dengungya stabil tidak akan hilang meski di pegang groundnya , penyebab lain bisa juga karena komponen setengah mati.

Dengung merupakan PR yang umum dan paling populer ketika merakit ampli rakitan, ampli rakitan memang rentan dengung apalagi jika perakitan serta bahan-bahan seperti kabel kualitasnya jelek atau salah kabel alias asal kabel, contohnya kabel arus DC digunakan untuk input ampli, begitupun sebaliknya itu adalah salah besar.

Kabel berperan penting pada kejernihan suara ampli rakitan itu sendiri, berbeda dengan power pabrikan / power  build up yang memang memiliki banyak kelebiahan dimana suaranya jernih nyaris tanpa dengun/nois karena power pabrikan umumnya menggunakan bahan serta perakitan yang rapih.

Hal yang paling sering terjadi dengung pada ampli rakitan adalah dibagian Tone Control ,Tone control yang kualitas jelek juga akan berpengaruh terhadap dengung ,jadi sebelum membeli tone kontrol baiknya beli yang kualitasnya bagus meskipun sedikit mahal yang penting puas.

Kemudian hal selanjutnya adalah power suply atau penyuplai arus DC yang ke tone control dan kit ampli, power suply adalah komponen yang sangat vital pada ampli ,karena jika salah atau merakit secara asal bisa menyebabkan suara tidak bersih sember,dengung bahkan konslet, jadi pastikan skema atau cara perakitan power suply nya dalam keadaan rapih dan benar dan harus menggunakan kabel yang kulit kabelnya agak tebal.

Lalu kabel input ,kabel yang menghubungkan jack input ke tone control harus menggunakan kabel yang memiliki serabut ground, contohnya seperti kabel head dibawah ini, yang bagus gunakan kabel head yang warna hitam , kemudian kabel out tone control yang ke kit ampli juga harus gunakan kabel head ini, jika tahap ini sudah pakai kabel head namun masih dengung lanjut ke tahap berikutnya..


Yang terakhir adalah kerapian merakit ampli rakitan, merakit ampli tidak sembarangan asal nempel dan mapan, karena perakitan yang tidak rapih bisa mengakibatkan dengung, contoh misal input ampli berdekatan dengan arus listrik, itu bisa mengakibatkan dengung , jadi pastikan rapih serta peletakan komponen tidak menempel ke body/box ampli , dan tips yang terkhir adalah menempelkan ground ke body ampli , untuk menghilankan nois serta dengung.

JIKA ADA LINK RUSAK ATAU MAU REQUEST BOX BISA SMS KE 081540963232 GRATIS