Cara Memperbaiki Matrix Receiver Cuma Berkedip Kedip Merah



Matrix receiver error, karena lampu led merah hanya berkedip kedip saja, kasus kerusakan matrix receiver seperti ini hampir terjadi, banyak penyebab dari kerusakan semacam ini, bisa karena terkena petir,terlalu sering di panjer, atau lain2.

untuk memperbaikinya lumayan gampang kok, pertama  lihat jalur regulator yang masuk ke mpeg,


 Kemudian, amati bagian regulator terutama ELCO 10 V 1000uf!
kenapa harus elco ini yang di perhatikan, karena sekitar 90% kerusakan regulator ada di elco ini yang . ciri ciri umum rusaknya elco ini adalah: BAGIAN ATASNYA YANG CEMBUNG (bahasa jawa: metheng / hamil), padahal normalnya adalah cekung ke dalam atau rata.

Jika terlihat cembung / metheng / melembung. bisa di pastikan elco tsb bermasalah!

ELCO 10 V 1000 uf, (ada tulisan di body nya)

3. Lepas regulator dari receiver (agar mudah dalam penggantian elco)
4. siapkan solder, panaskan.
5. lepaskan elco dari Regulator dengan alat bantu solder serta alat sedot timah (jika di perlukan). biasanya cukup dengan solder untuk memanasi timah solderan dan elco di tarik. perhatikan baik baik. elco memiliki 2 kaki yaitu positif (+) dan negatif (-). dalam pemasangan nanti JANGAN SAMPAI TERBALIK!.
6. ganti elco tsb dengan yang baru, elco 10v1000uf biasanya jarang di jual di toko spare part elektronik, kalau begitu bisa di ganti dengan elco 16v1000uf, elco ini banyak tersedia di pasaran karena bagian dari spare part TV. dan jika di ganti dg 16v1000uf hasilnya gak masalah, bahkan lebih bagus.
jika pergantian elco selesai, pasang kembali dan sambungkan seperti semula.
7. On kan receiver, selesai.


Jika kerusakan regulator bukan pada elco 10v1000uf, biasanya regulator tsb sudah mati total. solusinya bisa di ganti langsung satu paket, sesuaikan dengan arusnya. yang umum terpasang di receiver MPEG2 dan MPEG4 adalah yang beroutput 20v 15v G 3,3v.
kalau HD ada yg 20v 15v G dan 5v, atau ada juga yang lain. banyak macam.

jika mencari yang asli susah, bisa dengan membeli regulator multi untuk receiver, regulator multi biasanya menyediakan arus 33v 20v 15v 5v 3,3v G.
anda tinggal pilih arus yang di butuhkan dan sambungkan dengan solder, dengan cara potong kabel dari regulator asli, amati dan pastikan kabelnya untuk arus apa saja. dan solder sesuai arus yang di butuhkan. untuk mengetahui arus yang keluar dari regulator multi, bisa di ukur dengan menggunakan MULTIMETER