Cara Menyusun Box Speaker Yang Bagus Dan Mantap

Menyusun atau menumpuk box speaker tidak harus asal numpuk atau ditata, sebenarnya ada beberapa hal yang harus di ketahui, karena menyusun box box speaker untuk lapangan berbeda dengan menyusun box untuk rumahan.

Sebelum menyusun box speaker pastikan anda tau perbedaan bentuk, dan karakter box speaker itu sendiri,  seperti box speaker turbo, horn, planar, miniscoop , mid , maupun high. Selain berbeda karakter ukuran speaker juga harus ditempatkan di posisi yang semestinya.

Contoh jika anda memiliki box speaker jenis Miniscoop 18" x 2, dan box turbo 18"x2 , dan box mid high,  jangan meletakan box speaker jenis miniscoop diatas box turbo karena bass yang di keluarkan miniscoop berbeda dengan box turbo.

Bagusnya susunanya adalah Box Miniscoop kemudian atasnya baru box turbo, kalau ingin tau apa bedanya bisa dicoba sendiri.



Kemudian jika anda memiliki box turbo 18"x4 untuk peletakan box speaker lebih baik disamakan, contoh jika box speaker posisi berdiri ya bagusnya semua berdiri, dan jika tiduran ya harus tiduran semua.

Box speaker sub seperti martin, miniscoop, di bagian bawah, sedangkan turbo cenderung flexible bisa diatas maupun bawah.


Karena jika susunan berbeda peletakanya akan merubah kualitas suara karena phase speaker akan berbeda dan akan terasa kurang enak dibagian bass.

Untuk susunan paket lesehan baiknya seperti gambar diatas, hanya dengan 18x4 dan 15x4 + teweter  sudah cukup enak, selain itu susunan box speaker yang minimalais namun memilki suara yang cukup keras.

Speaker 15" menurut saya cukup flexible selain mampu unutk bass, speaker 15" juga bisa untuk mid low, maupun mid saja.  selain itu dengan ukuran serta watt speaker 15" lebih besar akan membuat speaker tersebut mampu digeber lebih keras .