Desain box Speaker Miniscoop 18" dan 15"

Box Speaker Mini Scoop Adalah Jenis “kotak salon” yang banyak diminati oleh audio rental sound system untuk keperluan lapangan, karena memang sudah terbukti kualitas bassnya yang ulem, empuk, tebal,  sehingga bass-nya cukup menendang. Tak hanya untuk keperluan lapangan saja, box miniscoop juga bagus untuk ruangan atau hall karena kualitas bassnya yang lembut sehingga juga sangat baik untuk keperluan organ tunggal. Tak hanya itu, jenis box ini juga sangat baik untuk subwoofer didalam mobil karena kualitas bassnya yang ulem, meskipun desain mungkin sedikit berbeda karena harus menyesuaikan dengan kondisi ruangan mobil yang sempit – misalnya mengadopsi bentuk desain trapesium

Ada banyak jenis box speaker sub-bass termasuk speaker sub-bass planar horn yang juga banyak diminati sebagai sub-bass, semuanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. kalau menurut saya, mini scoop model yang sederhana(standard) ini lebih mudah dibuat oleh amatir seperti saya karna tak terlalu kompleks meskipun lebih sedikit ribet jika dibandingkan dengan planar – tapi percayalah kamu pasti akan puas dengan hasilnya.

Body Box Setidaknya Triplek Untuk membuat speaker miniscope, kamu bisa menggunakan bahan apa saja baik triplek atau apapun. Namun kalau menurut saya, setidaknya kamu tak memakai partikel karena bahan ini paling tak tahan dengan kelembaban dan mudah rusak, jadi sayang sekali dengan kerjanya kalau tak awet. Apalagi untuk box speaker sub-bass dimana yang getarannya lebih besar jika 18″ keatas, jangan sekali-kali menggunakan partikel; percayalah hasilnya pasti akan nggak enaks. Paling tidak atau minimal kamu pakai tripleks saja dengan ketebalan 18mm atau 2CM untuk speaker 15″ ke atas. Bagaimana jika untuk speaker 12 inch kebawah? 18mm juga oke, tapi dibawah itu jangan kurang dari 9mm. Syukur-syukur kalau kamu bisa pakai papan kayu mranti atau bahan MDF. Kalau kamu masih praktek atau belum terbiasa dengan kerja kayu, malah disarankan coba-coba pakai partikel saja gak apa-apa, supaya nanti kalau gagal nggak rugi banyak ya?