Cara Setting Mixer Untuk Vokal Agar Jelas dan Lantang



Mungkin ada sebagian orang yang bingung bagaimana cara setting vokal di mixer agar suara yang dihasilkan bagus dan jelas memlalui penyetelan yang pas, agar suara sound system anda menjadi 

Dalam dunia musik, vokal merupakan bagian terpenting yang akan menentukan sukses atau tidaknya dari suatu pertunjukan. Maka dari itu, perlu dilakukan persiapandari berbagai sisi agar kualitas suara yang dihasilkan baik dan enak didengarkan.

Salah satunya adalah pada mixer. Kadangkala karena mereka selaku operator mixer tidak menggunakan settingan dengan benar, maka suara yang dihasilkan tidak jernih bahkan kacau balau. Misalnya mereka tidak tahu cara setting mixer untuk drum, maka suara yang dihasilkan nantinya akan berbeda dari lagu yang dibawakannya.

Maka dari itu, pada pembahasan kali ini, saya ingin memberikan informasi mengenai cara setting mixer untuk vokal. Dengan berbagai cara atau tips ini harapan saya anda bisa lebih paham dalam mengoperasikannya.
Cara Setting Mixer untuk Vokal

Mixer seperti DJ Music Mixer memang tidak boleh sembarangan dalam penggunaannya. Kita perlu menggunakan beragam teknik supaya suara yang dihasilkan benar-benar menghasilkan daya tarik sendiri bagi para pendengarnya.

Nah berikut ini merupakan beberapa cara setting mixer untuk vokal yang bisa anda coba.
1. Sebelum memulai, pastikan kondisinya netral

Kenapa harus netral?

Seluruh tombol yang ada dalam mixer harus netral karena memang kita ingin posisikan mixer dalam keadaan yang diam. Jadi nantinya saat alat dinyalakan tidak akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Inilah cara setting mixer untuk vokal yang pertama kali harus dilakukan setelah mengecek semua bagian apakah berfungsi atau tidak. Lalu setelah mau perform, barulah kita posisikan semuanya menjadi netral.
2. Posisikan semua tombol yang tidak digunakan ke 0

Ini dimaksudkan agar tidak terjadi suara-suara yang tidak penting yang justru mengacaukan dari suara original yang memang seharusnya dimainkan.
Misalnya cara setting mixer untuk dangdut, lalu ada bagian yang memang tidak diperlukan, maka daripada diangkat sedikit, lebih baik diturunkan saja ke posisi 0 sekalian.

3. Sesuaikan aux dan saluran

Pada poin ini tentunya harus anda sesuaikan dengan musik dan dan keadaan yang sedang dijalankan. Misalnya setting mixer sound sistem panggung, maka harus disesuaikan juga dengan berbagai hal termasuk dalam kondisi tempat.

Cara menyetel equalizer yang benar tidaklah sulit. Cukup posisikan aux yang ingin digunakan pada frekuensi yang tepat. Jika tidak digunakan kita ubah saja ke posisi 0.

Setelah itu, bila anda tidak menggunakan saluran, pastikan posisikan ke dalam “mute”. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi berbagai macam gangguan dari suara lain yang justru memberikan efek dan kesan amburadul.
4. Perhatikan range frekuensi

Terakhir, cara setting equalizer yang benar adalah memperhatikan frekuensi range.

Perlu beberapa ketrampilan disini, misalnya penumpukan range frekuensi dan pemotongan frekuensi di range tertentu agar suara dari vokal kedengaran seperti terpisah dari berbagai instrument lain.

Cara ini harus sering-sering dipraktikan agar bisa memiliki kemampuan yang maksimal.

Semoga cara setting mixer untuk vokal ini bermanfaat bagi anda semua yang sedang mencarinya. Sampai jumpa di pembahasan selanjutnya

sumber axefo.com