Cara Membuat Box Speaker Planar, Skema, Kelebihan dan Kekurangannya

Semangat Pagi para juragan Speaker, hehe.. Tahukan sobat bahwa PLANAR HORN sebenarnya bisa dikatakan sebagai cerobong asap. Lho kok bisa? iya, silahkan sobat terjemahkan sendiri di kamus bahasa inggris. hehe.. Namun, bila di perhatikan ternyata ada kesamaan lho dari desainnya berbentuk seperti cerobong yang dipakai di pabrik industri rumahan. bener kan? Nah, pada kesempatan yang berbahagia kami ingin membahas apa kelebihan dan kekurangan dari box speaker planar horn ? Pecinta audio sound sistem selalu mendambakan daripada Box Speaker Planar ini, mulai dari pengguna baru, maupun yang sudah lama. dilihat dari segi kelebihannya sendiri terdapat ciri khas dari macam box speaker planar horn, yaitu di kenal sebagai SUBBAS. Nah, SUBBAS tersebut sangat cocok dipakai saat acara yang diselenggarakan di indoor maupun outdoor/lapangan, dan dari hal bentuknya pun sederhana model box'nya.

Perlu sobat ketahui bahwa ada satu ciri yang menjadi pembeda antara box speaker lain dengan box speaker planar ini, yaitu ada 4 kotak lubang udara yang menuju ke box speaker berbentuk cerobong asap. Hingga akhirnya kini dikenal sebagai model bass reflex speaker planar yang mengambil dari planar horn. Dan kenapa didesain seperti itu? itulah salah satu kelebihannya yang ternyata dapat menjangkau jauh hinggak kilo meter. kelebihan lain yaitu bass ini memiliki yang ber dentuman keras serta lembut, jadi sangat aman dan enak didengar. Dari hal tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa speaker planar ini bekerja baik di saat acara-acara besar seperti pernikahan, panggung hiburan, musik band, dan lainnya. Ok, untuk Skema dan cara membuat untuk BOX SUBWOOFER Planar Horn tersebut akan kami ulas dan digabungkan di artikel ini dengan bentuk desain serta material untuk box subwoofer planar subwoofer planar ya..

Dalam pembuatannya sederhana saja, dilangkah awal yang perlu di perhatikan yaitu di desainnya agar didapatkan suara yang enak didengar, hal tersebut dapat sobat perhatikan pada pemilihan material yang terbaik. Salah satu yang wajib sobat perlu ingat yaitu tipe pendek dan tipe panjang. Planar sendiri memiliki 2 type yaitu type long dan type short. Menurut kami solusi untuk materialnya sobat perlu menggunakan bahan MDF apabila untuk speaker. demi mendapatkan kualitas suara dan juga keawetan dari speaker tersebut. Untuk opsi kedua sobat dapat mengguakan fiber juga, daripada triplek bahan tersebut juga dapat memudahkan sobat dalam proses pembuatannya.

Baca juga : Contoh Skema Box Speaker Planar 15 inch Low Mid Keren

1. Kelebihan Box Planar adalah sudah terlihat dari segi bahan ya, jadi speaker ini nanti akan lumayan awet terlebih ada cerobong asap yang ada di setiap sudut yang dapat membantu agar box speaker selalu dingin, spul awet, dan loudspeaker gag akan cepat robek. dari desain planar horn tersebutlah yang ternyata kualitas bass dapat terdengar enak hingga di kejuhan. Sehingga dari berkilo-kilo pun suara yang dihasilkan oleh speaker planar ini terdengar halus dan tidak mengganggu orang-orang disekitarnya. kami juga menegaskan bahwa siapapun kalau ada niat pasti dapat membuatnya dengan mudah, dilihat dari sederhananya desain, serta dibarengi dengan teliti dalam mengukur, pemotongan material juga pas, dan juga merangkainya dengan sungguh-sungguh kami kira akan dengan mudah terbentuk.

2. Kelemahan Box Planar ini ada dan terdapat di segi ukurannya yang cukup lebar dan besar dibanding box speaker lain yang padahal memakai inch sama persis. nah, dari hal tersebut ternyata membutuhkan ruang yang agak lebar dan perlu diperhatikan material-material yang khusus untuk digunakan.

Cara Membuat Skema Box Planar 15 Inch Long








Sekian artikel dari bantoel.com mengenai Cara Membuat Box Speaker Planar, Skema, Kelebihan dan Kekurangannya, semoga bermanfaat, dapat menjadi penyemangat, dan bisa untuk referensi sobat dalam boxnya.